Monday, March 13, 2017

Perkenalan kepulauan bangka belitung


Provinsi kepulauan Bangka Belitung adalah, provinsi ke 33 yang ada di Indonesia. Kepulauan Bangka Belitung adalah provinsi yang baru berdiri tahun 2002. Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari 2 pulau besar yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Bangka Belitung, terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Dahulu, bangka belitung di kenal masyarakat Indonesia dan dunia dengan Timah nya, yakni sebagai daerah penghasil tambang timah terbesar di dunia. Hasil timah bangka, sudah dikenal sejak zaman penjajahan dahulu. Selain timah, bangka belitung juga dikenal sebagai penghasil lada, rempah-rempah yang menjadi idola dunia khususnya eropa sejak dahulu kala.
Pulau Bangka dan Belitung

Semenjak berdiri sebagai Provinsi baru, Bangka Belitung mulai berbenah, pembangunan sangat jelas terlihat dari semua aspek. Mulai dari pembangunan infrastruktur sampai dengan pembangunan sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Bangka Belitung, mulai dikenal masyarakat Indonesia dan dunia semenjak adanya film yang digarap oleh Riri Reza, yakni Film trilogi Laskar Pelangi, yang di adopsi dari Novel karangan Andrea Hirata. Dari film tersebut, keindahan pantai dan keindahan alam bangka belitung mulai dikenal masyarakat indonesia dan dunia.

Bangka Belitung juga dikenal dengan tempat pembuangan Bapak Proklamator Indonesia, yakni Bapak Soekarno di Muntok. Selain keindahan alam dan kekayaan alam serta budaya nya, bangka belitung juga dikenak dengan wisata sejarahnya. karena prasasti kerajaan terbesar bangsa indonesia yakni kerajaan Sriwijaya, masih bisa dilihat di Bangka Belitung.

sekian sekilas mengenai provinsi bangka belitung.

No comments:

Post a Comment